Alat -alat jaringan komputer beserta gambar dan fungsi nya

Siapa yang tidak mengenal jaringan di era  modern saat ini?, jaringan jelas sangat membantu dan juga dibutuhkan oleh berbagai kalangan di dunia. Seperti hal nya agan atau sista yang sedang membaca artikel ini, itu pun berkat adanya jaringan. Nah dari pernyataan tersebut sudah jelaskan?, bahwa jaringan sudah agan/sista kenal dan juga sangat sering digunakan dalam keseharian agan/sista. Tetapi jika hanya sekedar mengetahui apa itu jaringan, sepertinya tidak akan memberi kemajuan atau pengetahuan baru dalam hidup kita. Dan hal itu hanya akan membuat kita bodoh, karena apa? Karena kita hanya tahu cara menggunakannya saja, tidak tahu bagaimana susah payah nya menghubungkan alat-alat jaringan yang ada agar semua dapat terkoneksi dengan lancar tanpa ada hambatan. Jika yang lain sudah sejauh itu lalu agan akan diam saja atau mempelajarinya ?, semua itu agan-agan yang menentukannya.

Oke kita lanjutkan ke materinya,. Sebenarnya artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai sistem jaringan komputer yang membahas topologi dan jaringan dasar. Untuk lanjutannya, pada artikel ini kita akan mempelajari dan memahami macam-macam alat jaringan komputer beserta fungsinya. Gak usah banyak basa-basi lagi yak? Langsung aja di scrol ke bawah. hehee


Perangkat Keras Dalam Alat Jaringan Komputer


dalam membangun sebuah jaringan yang luas maupun kecil, kita sangat membutuhkan sebuah alat-alat jaringan komputer yang sangat berguna untuk menghubungkan semuanya. Yang tentunya kita tidak akan bisa menghubungkan alat-alat jaringan tersebut tanpa mengetahui nama dan fungsinya masing-masing bukan? Oleh karena itu, sebagai gambaran berikut ini admin rangkum macam-macam alat jaringan komputer dan fungsinya.


1. NIC (Network Interfaces Card)
macam-macam alat jaringan komputer


NIC atau Network Interfaces Card yang lebih sering disebut LAN Card merupakan sebuah kartu yang mempunyai fungsi untuk menjembatani komputer dengan sebuah jaringan yang tersedia. NIC ini berupa papan elektronik yang biasanya sudah terpasang pada setiap komputer atau laptop masing-masing. Jaringan yang dimaksud tidak hanya terbatas untuk LAN (Local Area Network) saja, tetapi bisa juga untuk jaringan yang lebih luas.


2. HUB
macam-macam alat jaringan komputer


HUB merupakan suatu alat yang menghubungkan beberapa komputer dalam suatu jaringan local. Alat ini dibuat untuk jaringan yang sederhana karena hanya bisa menyambungkan beberapa komputer dalam satu IP saja. HUB bisa kita jumpai di warnet-warnet, itu pun tak semua warnet menggunakan HUB, karena banyak warnet juga yang menggunakan alat bantu sejenis yaitu SWITCH, alasan penggunaan SWITCH biasanya karena HUB mempunyai kecepatan transfer yang lebih lambat jika dibandingkan dengan SWITCH, jika agan belum mengenal SWITCH jangan khawatir, akan admin jelas dibawah.


3. SWITCH
macam-macam alat jaringan komputer


Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Switch ini mempunyai prinsip yang sama dengan HUB yaitu menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan, dan satu IP pula. Cara kerja nya pun sama, untuk perbedaan antara dua alat ini hanya ada pada switch yang lebih pintar dan harganya yang sedikit lebih mahal dibandingakan HUB.


4. VDSL (Very high-bit rate Digital Subscriber Line port)
macam-macam alat jaringan komputer


VDSL merupakan alat yang digunakan sebagai converter dari kabel UTP (RJ45) ke kabel telepon RJ11. Nah jika agan menggunakan jaringan LAN yang jarak antar gedungnya sekitar 500 meter maka masih memungkinkan untuk menambahkan alat ini. Untuk masalah transfer data tergantung dari merk VDSL nya sendiri, bahkan seiring kemajuan teknologi sekarang ini banyak beredar jenis VDSL dengan kecepatan yang bisa diatur sesuai keinginan (Manageble).


5. REPEATER
macam-macam alat jaringan komputer

Repeater merupakan suatu alat yang berfungsi untuk memperkuat sinyal. Sinyal yang diterima dari satu jaringan LAN ke jaringan LAN lainnya akan dipancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli seperti pada jaringan LAN pertama, sehingga Repeater ini dapat memperluas jarak antara dua jaringan komputer.


6. BRIDGE
macam-macam alat jaringan komputer


Bridge merupakan perangkat yang berfungsi sebagai penghubung beberapa jaringan yang terpisah, baik jaringan yang sama maupun berbeda (Seperti Ethernet dan Fasthernet). Bridge ini memetakan suatu alamat Ethernet dalam setiap node (titik) pada masing-masing segmen jaringan dan hanya membolehkan lalu lintas data yang diperlukan untuk melintasi bridge.


7. ROUTER
macam-macam alat jaringan komputer


Router merupakan alat yang digunakan untuk menyaring atau memfilterkan data yang ada dalam jaringan berdasarkan aturan atau protocol tertentu. Router juga dapat memberikan gateway pada setiap jaringan yang terhubung dengan Router guna menjangkau jaringan yang lebih luas. Tidak jauh beda dengan HUB/Switch, alat ini juga bisa digunakan untuk menghubungkan jaringan yang lebih luas seperti MAN dan WAN.


8.  MODEM
macam-macam alat jaringan komputer


Modem merupakan alat yang digunakan sebagai penghubung jaringan personal atau local dengan internet. Dalam menjalankan tugasnya, modem akan mengubah data digital kedalam data analog yang bisa dipahami oleh kita manusia maupun sebaliknya.



Perangkat Kabel Dalam Alat Jaringan 


1. Kabel Twisted Pair
macam-macam alat jaringan komputer


Kabel Twisted Pair merupakan kabel jaringan yang berfungsi menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. Selain itu kabel ini juga merupakan kabel jaringan yang mana didalamnya terdiri atas beberapa kabel yang saling berpasangan dengan warna yang berbeda. Perlu diketahui bahwa Twisted Pair ini terbagi kedalam dua jenis, yaitu STP (Shielded Twisted Pair) dan UTP (Unshielded Twisted Pair). Untuk koneksinya kabel jenis ini menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45. Kabel ini cocok untuk jaringan kecil ataupun besar.


2. Kabel Coaxial
macam-macam alat jaringan komputer


Kabel Coaxial ini mempunyai cara kerja yang sama dengan Twisted Pair yaitu menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. Kabel Coaxial merupakan suatu jenis kabel yang terdiri atas dua penghantar yang mana salah satu penghantarnya berada di tengah kabel dan dikelilingi oleh penghantar dan satu nya lagi dengan pola yang menutupi secara melingkar. Jadi untuk kabel ini memiliki bandwith yang lebih lebar, sehingga dapat digunakan untuk komunikasi broadband. Jika menggunakan repeater maka kabel ini pun dapat menjangkau jarak 2500 m, atau 500 m tanpa repeater.


3. Kabel Fiber Optik
macam-macam alat jaringan komputer


Untuk kabel ini sedikit berbeda dengan dua jenis kabel sebelumnya yang menggunakan tembaga sebagai media penghantarnya. Fiber Optik ini menggunakan serat kaca atau plastik yang sangat tipis. Karena terbuat dari kaca maka sinyal yang dikirim pun berupa cahaya dari sumber ke tujuan, sehingga kecepatan data yang ditransfer pun tak perlu diragukan lagi. Jika kabel ini tertekuk walaupun sedikit maka akan mengalami gangguan, ini salah satu kelemahan dari fiber optik yang sangat sensitif.

Bagian dari kabel fiber optik ini terdiri dari :
  • Pelindung kabel
  • Pelindung fiber
  • Lapisan plastic
  • Lapisan tipis
  • Fisik medium utama



4. Kabel Telepon
macam-macam alat jaringan komputer


Untuk sekarang ini, banyak kabel telepon yang digunakan untuk jaringan komputer LAN. Kabel ini biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan satu gedung ke gedung lainnya. Biasanya kabel ini digunakan di luar gedung (out door) dengan dilengkapi kawat, guna menjaga kabel tersebut agar tidak putus.



Sementara itu saja perangkat dalam jaringan komputer  yang paling penting dan harus agan ketahui dalam membangun sebuah jaringan, Dan jangan lupa untuk mempelajari juga sistem dasar jaringan komputer . dalam artikel tersebut sudah dijelaskan mengenai jaringan LAN, MAN, WAN, dan bahkan Topologi jaringan dasar, untuk agan yang masih belajar silahkan dibaca dan dipahami kedua artikel tersebut.

Sekian artikel mengenai alat-alat jaringan komputer dan fungsinya. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan, baik secara teori maupun penjelasan yang kurang dimengerti.



Terima kasih telah membaca artikel Macam-macam Alat Jaringan Komputer



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perubahan & Perbandingan Pada Tokyo Ghoul:RE

5 PERTARUNGAN YG HEBAT DI ANIME